Kamis, 19 April 2012

PENGGANTI MSG

Bahan Alami Pengganti MSG

Kamis, 05 Januari 2012 07:00
Udang dan scallop kering (c) steamykitchen
Vemale.com - Lidah memang bisa mengalahkan pikiran. Walaupun sudah tahu bahwa MSG tidak baik untuk kesehatan, namun masih sulit untuk benar-benar meninggalkan penyedap rasa ini. Alasannya, tentu saja karena rasa. Masakan tanpa vetsin serasa ada yang kurang pas, entah karena kebiasaan atau karena memang rasanya menjadi tidak seimbang.

Sebenarnya ada bahan-bahan alami yang bisa berfungsi sebagai penyedap rasa, namun tentu saja dengan harga yang tidak semurah MSG dan butuh proses yang agak ribet. Untuk keluarga yang lebih sehat, kenapa tidak? Berikut ini bahan-bahan alami tersebut.

Bawang putih

Memarkan bawang putih yang telah dikupas, dan tumis dengan sedikit minyak hingga layu, sebelum Anda memasukkan bahan-bahan lainnya. Bawang putih juga bisa dihaluskan, kemudian ditumis agar lebih merata dengan bahan lainnya.

Gula pasir

Sudah bukan rahasia jika gula pasir bisa menjadi pengganti MSG. Tambahkan sedikit saja gula pasir ke dalam masakan Anda, maka rasa gurih masakan justru akan keluar. Jangan terlalu banyak ya, agar masakan Anda tidak menjadi manis.

Udang, teri atau ebi

Makanan laut memiliki 'vetsin' alami dalam tubuhnya, menghasilkan rasa gurih dan nikmat baik ketika dimasak sendiri ataupun dicampurkan ke dalam bahan lain. Untuk udang, teri atau ebi kering, Anda bisa mengeringkannya dengan oven, kemudian menggerusnya dengan food processor untuk mengubah bentuknya menjadi bubuk.

Kaldu ayam atau sapi

Kaldu dari ayam atau sapi paling pas untuk semua masakan. Anda bisa menggunakan tulang belulang atau daging yang direbus dalam air mendidih selama beberapa waktu untuk membuat kaldu ini. Tambahkan juga beberapa sayuran dan rempah agar kaldu semakin lezat.

Sosis sapi

Tidak ada kaldu dan tidak mau repot dengan daging mentah, Anda bisa menggunakan sosis sapi. Iris tipis-tipis dan campurkan ke dalam masakan Anda. Sosis sendiri sudah mengandung garam, kaldu sapi dan juga sedikit MSG, sehingga bisa menambah cita rasa masakan Anda. (vem/miw)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar