Jumat, 28 Oktober 2011

GAYA HIDUP KONSUMTIF PICU KANKER

Gaya hidup konsumtif bisa memicu meningkatnya penyakit kanker dan jantung atau kardiovaskuler. Hal ini diungkapkan Gubernur Jatim Soekarwo.

Politisi Partai Demokrat ini memperkirakan meningkatnya penyakit yang masuk dalam empat besar penyakit tidak menular dengan angka kematian tinggi ini disebabkan banyaknya orang kaya baru di provinsi yang dipimpinnya.

"Saya yakin jika trend penderita empat penyakit tidak menular seperti diabetes dan kanker akan meningkat pada 2013 mendatang. Itu akibat gaya hidup masyarakat yang konsumtif," kata Soekarwo kepada wartawan usai meresmikan Klinik Yayasan Kanker Indonesia di Surabaya, Rabu (26/10/2011).

Pakde Karwo sapaan akrab Soekarwo mengatakan, dengan gaya hidup konsumtif otomatis akan mengubah pola hidup yang membuat pola makannya juga berimbas.

"Dengan gaya hidup yang konsumtif akan mengubah pola hidup sehat, apalagi yang dimakan. Sehingga bisa meningkatkan penderita penyakit kanker, diabet serta kardiovaskuler paru," imbuhnya.

Hal senada juga diungkapkan Ketua Yayasan Kanker Indonesia, Dr dr Nila F Moeloek yang mengungkapkan jika gaya hidup yang tidak sehat akan membuat masyarakat sangat rentan dengan penyakit kanker.

"Merokok, makanan cepat saji serta makanan yang mengandung zat pengawet serta alkohol sangat bahaya bagi masyarakat yang bergaya hidup tidak sehat," ujarnya.

Oleh karena itu, pihaknya meminta kepada Gubernur Jatim agar menciptakan pembangunan yang berwawasan kesehatan bagi masyarakatnya.

SUMBER : DETIK HEALTH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar